5 Manfaat Daun Sirih Untuk Manusia Yang Jarang diKetahui

Posted on

Daun sirih memang menjadi salah satu bahan herbal yang kaya akan kandungan positif untuk kesehatan manusia didalamnya. Daun sirih sendiri memiliki dua jenis yaitu terdiri dari daun sirih hijau dan juga daun sirih merah.

manfaat daun sirih untuk manusia
Daun sirih hijau

Daun sirih hijau terkesan cenderung bersifat antiseptik sehingga akan sering digunakan dalam rangka membasmi bakteri atau juga kuman. Sementara daun sirih merah lebih dikenal akan khasiatnya sebagai pengobatan penyakit yang berbahaya dan juga dikenal sebagai pengobatan untuk penyakit kanker, stroke, darah tinggi dan masih banyak yang lainnya juga.

manfaat daun sirih untuk kesehatan manusia
Daun sirih merah

Untuk bentuk daun sirih merah, tidak jauh berbeda dengan daun sirih hijau, hanya warna saja yang berbeda. Pada beberapa penelitian yang dilakukan juga bahwa dibuktikan tentang daun sirih merah yang didalamnya terdapat kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, senyawa polifenolat dan juga minyak atsiri. Dan yang juga menarik hampir semua kandungan pada daun sirih hijau ada didalam daun sirih merah. Tentang manfaat keduanya secara lengkap baik itu daun sirih hijau dan daun sirih merah, Anda dapat simak informasi lengkapnya berikut ini!

Manfaat Daun Sirih Untuk Manusia

Sebagai antiseptik
Masyarakat di zaman dulu sebelum kenal obat antiseptik yang terkenal di pasaran atau apotek dengan berbagai branding menggunakan daun sirih untuk obat antiseptik mereka. Dan ternyata setelah diteliti, daun sirih khususnya daun sirih merah memiliki kandungan antiseptik tinggi yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi.
Dan tak hanya menyembuhkan penyakit infeksi saja karena sifat antiseptik didalam daun sirih juga sekaligus dapat membunuh kuman di area tangan. Sehingga nantinya Anda dapat menggunakan daun ini untuk cuci tangan sebelum makan guna membunuh bakteri penyebab penyakit.

Sebagai antibakteria pada bakteri tertentu
Penelitian terakhir yang dilakukan tentang daun sirih membuktikan bahwa daun sirih merah memiliki kandungan antibakteria yang dapat membasmi bakteri staphylococcus aureus. Dan ini adalah salah satu jenis bakteri yang sering menyebabkan penyakit kulit seperti halnya jerawat, bisul, selulit, impetigo, abses dan sebagainya. Selain dapat mengatasi masalah penyakit kulit, staphylococcus juga dapat menyebabkan penyakit lain seperti pneumonia, meningitis dan sepsis dimana semua ini dapat diatasi dan dicegah dengan daun sirih.

Mengatasi gatal – gatal di tubuh
Daun sirih memang dapat menjadi ramuan untuk mengatasi gatal – gatal karena kandungan antibakteri dan antioksidan didalamnya. Kandungan flavonoid juga berperan untuk mendapatkan manfaat ini.

Cara untuk mengatasi gatal – gatal di tubuh dengan menggunakan daun sirih yaitu :
•    Haluskan daun sirih seperlunya saja.
•    Tempelkan ke bagian tubuh yang gatal.
•    Jika perlu Anda tutup dengan kain agar kandungan daun sirih cepat meresap.
•    Anda juga bisa mandi dengan air rebusan daun sirih jika gatal telah menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Mengatasi masalah mimisan
Daun sirih hijau memang dapat menjadi penghambat dari keluarnya darah dari dalam hidung. Bahkan didalamnya terdapat kandungan antiseptik yang juga dapat membantu mencegah infeksi lebih lanjut akibat mimisan.
Cara mengatasi masalah mimisan dengan daun sirih yaitu Anda pelintir saja daun sirih hijau muda. Kemudian masukkan pelintiran daun sirih ini ke lubang hidung yang mengalami masalah mimisan dan tunggu hingga darah yang keluar bisa berhenti.

Mengatasi masalah sariawan
Kandungan antibakteria yang cukup tinggi memang akan dapat menjadi salah satu cara membunuh bakteri penyebab sariawan mulut. Cara mengatasi sariawan mulut dengan daun sirih yaitu rebus sebanyak 3 lembar daun sirih sampai layu. Kemudian Anda lumatkan daun sirih kemudian tempelkan ke bagian sariawan. Dan selanjutnya lakukan terus sampai sariawan Anda sembuh.

Itulah sedikit informasi lengkapnya untuk Anda tentang Manfaat Daun Sirih Untuk Manusia. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *