6 Pantangan Yang Harus diHindari Saat Ngidam

Posted on

Sudah menjadi hal umum jika ngidam adalah salah satu keinginan yang biasanya dirasakan oleh para ibu hamil, ngidam ini terjadi dikarenakan ada sedikit perubahan hormone yang terjadi pada saat trimester pertama, boleh-boleh saja sih ngidam. Akan tetapi bunda juga harus tahu pantangan apa saja yang harus dihindari, bukan berarti boleh makan apa saja pada saat ngidam. Malah justru harus lebih hati-hati dalam menjaga pola makan, karena kesehatannya juga berpengaruh untuk janin yang ada dalam kandungan.

pantangan ibu yang sedang ngidam/hamil
Jika memang menginginkan sesuatu sebaiknya disarankan yang lebih wajar-wajar saja bund, yang terpenting apa yang bunda makan atau minum tidak pernah mengganggu kesehatan janin. Nah? Berbicara tentang pantangan, maka inilah diantara pantangan yang harus dihindari oleh bunda ketika ngidam. Apa saja kira-kira? Berikut uraian selengkapnya!

Pantangan ibu yang sedang ngidam/hamil

Minum-minuman yang bersoda
Minuman bersoda akibatnya bisa menyebabkan obesitas yang tinggi pada kandungan janin, maka sebaiknya bunda harus hindari minuman seperti ini. Selain itu bunda juga harus menghindari minuman yang menyebabkan diabetes, kurangi konsumi gula yang berlebih. Minum air putih banyak itu jauh lebih baik bund.

Kurangi pula makanan yang terlalu banyak mengandung penyedap
Makanan penyedap umumnya bisa membuat darah menjadi naik lebih tinggi, tekanan darah yang tinggi juga mengakibatkan kesehatan janin jadi terganggu, maka sebaiknya, hindarilah makanan yang terlalu banyak mengandung penyedap rasa, terutama yang asin-asin. Ini sangat tidak disarankan, sebaiknya dikurangi ya bund.

Kurangi pula makanan yang banyak mengandung pewarna
Sebaiknya makanan atau minuman yang bahannya banyak mengandung pewarna mulai sekarang agak dikurangi. Jika perlu dihindari sekalian, karena bahayanya juga sensitive ke janin yang bunda kandung. Dan selain itu bunda akan sering merasa sakit kepala.
Jika bunda memang sering atau mudah lapar mendadak, dianjurkan untuk banyak-banyak mengkonsumsi sayur dan daging, terutama air putih. Sebab air putih juga bisa membuat seseorang cepat kenyang.

Hendaknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi
Memang sih kebutuhan kalori seseorang itu berbeda-beda sekali, alangkah lebih baiknya bunda tanyakan dahulu kepada ahalinya atau dokter. Meskipun kita sudah tentu tahu jika orang hamil sangat membutuhkan kalori, namun bukan berarti harus mengkonsumsinya dengan cara yang berlebih, tentu tidak.
Sekali lagi langsung tanyakan kepada referensi terbaik Anda saat ini. “DOKTER”

Jauhi juga minuman yang bercaffeine
Minuman bercaffeine juga tidak dianjurkan pada ibu hamil, sebab dampaknya sangat berpengaruh pada kenyamanan nafsu makan. Minuman bercaffeine seperti kopi dan teh bisa menyebabkan bunda mual-mual dan bahkan bisa muntah juga. Inilah yang membuat pengaruh nafsu makan juga tidak baik.

Terakhir jauhi muniman makanan pedas
Makanan pedas sih memang kebanyakan lebih cocok dilidah kita, namun hal ini tampaknya harus mulai dihindari, karena ibu hamil tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsinya. Dampaknya juga buat kesehatan bunda dan janin yang dikandung.
Disisi lain juga untuk kesehatan pencernaan agar tidak mudah sakit perut.

Kurang lebih seperti itulah bund sedikit rangkuman yang sudah kami kupas dihalaman kali ini tentang 6 pantangan yang harus dihindari oleh bunda ketika ngidam. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk para calon-calon/generasi ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *