Bahan Herbal untuk Mengobati Endometriosis

Posted on

Endometriosis merupakan salah satu penyakit kronis, ketika endometrium tumbuh di luar rahim. Biasanya pertumbuhannya ada pada tuba falopi, ovarium, dan lapisan panggul. Endometriosis  muncul ditandai dengan rasa sakit pada bagian perut bawah atau punggung. Hal tersebut juga menyebabkan linu pada saraf kaki. Juga menyebabkan nyeri saat buang air besar, menstruasi, dan lainnya. Bila Anda mengalami hal ini, Anda bisa coba menggunakan beberapa bahan herbal untuk mengobati endometriosis di bawah ini.

Bahan Herbal untuk Mengobati Endometriosis

1. Konsumsi sayuran
Menurut penelitian, flavones pada tanaman dapat menghambat aromatase, enzim yang mengubah androgen menjadi estrogen. Sedangkan tanaman atau sayuran yang kaya akan senyawa kimia tersebut di antaranya ada seledri dan peterseli. Selain itu, endometriosis juga bisa diatasi dengan mengonsumsi sayuran yang kaya akan senyawa bernama indoles, yang berguna untuk meningkatkan metabolisme  estrogen.

2. Asam lemak omega-3
Bahan herbal untuk mengobati endometriosis selanjutnya adalah makanan-makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, seperti ikan mackerel, salmon, sarden, dan ikan asin. Selain Anda bisa mengonsumsinya untuk makanan sehari-hari bersama nasi, saat ini juga bahan herbal dalam bentuk kapsul sudah banyak tersedia.

Asam lemak omega-3 sendiri diteliti dalam studi bermanfaat untuk membantu para penderita endometriosis. Minyak ikan pada makanan-makanan tersebut juga dapat membantu memperlambat pertumbuhan jaringan endometrium.

3. Bahan-bahan untuk mengurangi stres
Salah satu hormon yang membantu memunculkan penyakit endometriosis adalah kortisol, yang hormon ini akan meningkat produksinya ketika kita stres. Oleh sebab itu, bila Anda ingin mengatasi penyakit endometriosis, gunakan bahan-bahan herbal yang dapat mengatasi stres. Misalnya saja aromaterapi dan bunga-bungaan ataupun minyak esensial.

4. Teh jahe
Bahan herbal untuk mengobati endometriosis selanjutnya adalah teh jahe. Fungsi dari teh jahe adalah untuk meredakan mual-mual yang menjadi salah satu gejala dari endometriosis. Anda bisa mengonsumsi teh jahe dengan membuatnya sendiri, membelinya di tukang jamu, ataupun membeli dalam bentuk suplemen, namun harus berkonsultasi dahulu pada dokter atau ahli.

Selain beberapa bahan herbal untuk mengobati endometriosis di atas, masih ada banyak makanan ataupun minuman lagi yang bisa  Anda coba. Bahan-bahan ini bisa Anda mulai bahkan saat gejala dari penyakit sudah muncul. Misalnya ketika pinggul mulai nyeri. Namun, jangan lupa juga untuk melakukan konsultasi dengan dokter, agar ahli bisa melakukan diagnosa.

Untuk penggunaan suplemen, harus selalu diperhatikan penggunaannya. Terkadang salah memilih suplemen bisa memunculkan efek negatif. Terlebih bagi Anda yang hamil, menyusui, anak-anak, ataupun orang-orang yang memiliki kondisi medis tertentu. Namun pada umumnya, bahan herbal yang tidak dicampur dengan senyawa-senyawa kimia lebih aman dan tidak memiliki indikasi khusus. Bila bahan herbal untuk mengobati endometriosis di atas masih belum juga dapat mengatasi masalah, hendaknya melakukan perawatan standar oleh dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *