Obat herbal untuk Asam urat yang Ampuh

Obat herbal untuk Asam urat yang Ampuh

Dewasa ini, obat herbal untuk asam urat sering menjadi pilihan alternative bagi penderita asam urat yang tak kunjung sembuh. Disisi lain sebagian orang mengobati asam urat dengan ramuan tradisional yang alami. Dan yang tidak bisa dipungkiri adalah masih adanya sebagian yang lain yang secara rutin mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk mengobati asam urat. Inilah fenomena yang terjadi sekarang ini.

Perlu diketahui bahwa perkembangan obat herbal khususnya di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini bisa dilihat semakin banyaknya pabrik-pabrik yang memproduksi obat-obatan herbal,dan anda pun bisa melihat sendiri di kota anda semakin banyak toko-toko herbal yang mulai menjadi pesaing apotek. Obat herbal untuk asam urat bisa anda dapatkan di toko-toko herbal.

obat herbal untuk asam urat

Kaki kanan kena Asam Urat

Sebenarnya penyakit seperti apa asam urat itu?
Memang sebagian orang belum begitu paham penyakit yang dimaksud. Penyakit asam urat disebabkan karena konsumsi zat purin yang berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tetapi jika kadar asam urat didalam tubuh kita terlalu banyak, ginjal kita tidak mampu mengeluarkannya (hal ini dapat menimbulkan batu ginjal), sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian yang mengakibatkan sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang. Umumnya penyakit asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin yang semakin banyak. (Sumber : wikipedia)

Pantangan penderita asam urat

  • Jeroan : otak, paru-paru, hati, limpa, usus, ginjal dan babat.
  • Seafood : udang, kepiting, cumi-cumi, gurita, kerang, sotong, remis, tiram, ikan teri, ikan sarden.
  • Riverfood : ikan lele, belut, udang, kepiting dan keong.
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng.
  • Makanan dalam kaleng (contoh: kornet sapi, ikan sarden, daging sapi dan daging babi).
  • Daging kambing, daging anjing, daging babi, daging sapi, daging kerbau dan daging kuda.
  • Bebek, angsa dan kalkun.
  • Burung dan kelelawar.
  • Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tahu, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge dan emping/melinjo.
  • Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong/ubi, daun pepaya, kangkung dan cabe/lombok.
  • Krim, es krim dan kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.
  • Makanan kaya protein, lemak dan darah.

Faktor Risiko
Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh adalah seagai berikut :

  • Gaya Hidup. Konsumsi makanan yang banyak mengandung purin yang tinggi, konsumsi alkohol, dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.
  • Kondisi Medis. Kondisi medis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hiperkolesterolemia, sering dikaitkan dengan kasus asam urat.
  • Obat-obatan. Pemakaian obat seperti diuretik, aspirin harus diperhatikan dan dikonsultasikan ke dokter karena dapat meningkatkan kadar asam urat.
  • Genetik. Beberapa orang yang memiliki riwayat keluarga dengan sejarah asam urat juga merupakan salah satu faktor risiko.
  • Usia dan Jenis Kelamin. Pria memiliki risiko lebih besar untuk terkena gangguan radang karena asam urat, tetapi wanita yang telah memasuki masa menopause juga memiliki risiko yang sama besarnya dengan pria.

Bagaimana jika kadar asam urat sudah diatas standard?
Tentunya anda harus ketahui terlebih dahulu sebab-sebab asam urat bisa tinggi dan juga anda perhatikan pantangan yang tidak boleh dimakan. Itu adalah cara pertama dan utama yang harus anda lakukan. Selain itu, perlu juga untuk konsumsi ramuan obat herbal untuk asam urat. Obat herbal tradisional seperti apa yang bagus untuk mengobati asam urat? Silahkan simak artikel hingga selesai.

Obat herbal tradisioal untuk asam urat

Makanan yang mengandung potasium tinggi bagus untuk penderita asam urat. Makanan yang banyak mengandung potasium tinggi diantaranya adalah tomat, kentang, yogurt dan pisang. Selain itu buah yang banyak mengandung vitamin C juga bagus dikonsumsi, buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan stroberi. Perbanyak juga untuk konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong/ubi dan roti. Dan kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup.

Kemudian ada juga beberapa tanaman obat yang sangat bagus untuk mengobati nyeri sendi, pegel linu atau asam urat. Diantara tanaman tersebut seperti sidaguri, seledri, brotowali, biduri, bidara laut, belimbing wuluh, bandotan,lengkuas, meniran dan lain-lain.

Seperti apa yang telah disampaikan diatas, bahwa ternyata ada beberapa tanaman atau buah-buahan yang bagus dikonsumsi dan berkhasiat untuk mengobati asam urat. Tanaman/buah-buahan diatas tidak begitu susah ditemukan di Negeri ini, akan tetapi ada sebagian daerah yang cukup susah menemukannya terutama didaerah-daerah perkotaan yang semakin lama area penghijauan tergusur oleh gedung-gedung pencakar langit. Nah bagi anda yang kesusahan menemukan tanaman-tanaman yang berkhasiat untuk mengobati asam urat, anda jangan khawatir karena ada juga obat herbal untuk penyakit asam urat yang bisa menjadi pilihan. Silahkan baca referensi beberapa obat herbal untuk penyakit asam urat dibawah ini.

Obat herbal untuk asam urat kemasan

1. Madu asmuratik
Madu adalah minuman terbaik dunia yang memiliki khasiat yang banyak sekali. Madu juga dapat diformulasikan dengan bahan herbal lain sehingga dapat dibuat aneka macam obat untuk terapi terhadap penyakit tertentu. Seperti pada madu asmuratik dimana madu diformulasikan dengan herbal tertentu yang memiliki khasiat untuk mengobati asam urat dan rematik.

Bahan-bahan yang digunakan seperti Ekstrak sidaguri, ekstrak daun salam, ekstrak binahong, ekstrak kumis kucing, ekstrak jahe, ekstrak brotowali, sari anggur, sari lemon, sari seledri dan cuka apel. Perpaduan dari beberapa herbal ini sangat efektif untuk atasi pegal linu, rematik dan asam urat.

2. Naturatik
Naturatik, yang mana produk herbal yang diproduksi oleh CV.Naturafit Thibbunnabawi ini sudah mengantongi nomor POM TR. 133 374 761. Naturatik juga menggunakan komposisi 100% herbal alami sehingga aman dikonsumsi tanpa efek samping bahan kimia. Khasiatnya insya allah dapat membantu meredakan nyeri sendi, kaku kemeng dan linu.

3. Purina
Purina adalah referensi berikutnya untuk obat herbal asam urat. Produk herbal purina juga sudah terdaftar di POM TR. 153 386 841. Diantara komposisi yang digunakan adalah sambiloto, temulawak dan sidaguri. Formulasi seimbang bahan-bahan herbal ini sangat berkhasiat untuk membantu meredakan nyeri sendi karena asam urat.

Ketiga obat herbal untuk asam urat diatas semuanya menggunakan bahan-bahan alami yang bebas efek samping bahan kimia. Anda bisa mencoba salah satu dari beberapa referensi diatas.

Social Icons