Obat Herbal untuk Mata Bintitan yang aman

Posted on

Obat herbal untuk mata bintitan – Dalam bahasa medis, mata bintitan disebut dengan nama hordeolum. Ini merupakan infeksi akut yang terjadi pada kelenjar minyak kelopak mata. Ciri khas dari bintitan adalah munculnya benjolan merah pada kelopak mata. Benjolan tersebut bisa saja diisi dengan nanah. Sedangkan penyebab dari penyakit ini sendiri beragam, mulai karena kotoran, bekas make up, dan bakteri penyebab infeksi. Bila saat ini Anda sedang mengalaminya, Anda bisa segera mencoba salah satu atau lebih obat herbal untuk mata bintitan berikut ini.

Obat Herbal untuk Mata Bintitan

Obat Herbal untuk Mata Bintitan

1. Kompres hangat
Bantuan pertama yang hendaknya Anda lakukan bila mengalami mata bintitan adalah menerapkan kompres hangat. Nantinya hawa panas dari kompres akan membantu meningkatkan sirkulasi ke area yang bermasalah, sekaligus mempercepat proses pecahnya nanah pada benjolan. Kompres hangat juga dapat mengurangi gejala, berupa rasa sakit dan bengkak.

Cara penggunaan:
Terapkan handuk bersih pada baskom berisi air panas. Peras, lalu terapkan handuk tersebut di atas kelopak mata Anda. Diamkan selama 5 menit, lalu hangatkan kembali handuk. Cara ini bisa Anda lakukan sebanyak 3-4 kali dalam sehari hingga nanah menghilang.

2. Biji ketumbar
Anda juga bisa menggunakan biji ketumbar sebagai obat herbal untuk sakit mata bintitan. Sifat anti-inflamasi pada biji ketumbar dapat membantu mengurangi rasa sakit, bengkak, serta kemerahan akibat bintitan.

Cara penggunaan:
Campurkan 1 sdt biji ketumbar dengan secangkir air. Masak hingga mendidih. Setelah itu, diamkan hingga dingin, lalu saring. Kemudian Anda hanya perlu mencuci area sekitar mata yang bintitan dengan air saringan tersebut. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari hingga sembuh.

3. Kunyit
obat herbal untuk sakit mata bintitanKunyit memiliki senyawa yang bersifat anti-inflamasi dan antibakteri. Hal tersebut membuatnya efektif untuk mengobati mata yang bintitan dengan cepat. Nantinya kunyit akan membantu mengurangi peradangan, serta menghilangkan unsur-unsur yang menjadi penyebab dari infeksi.

Cara penggunaan:
Anda bisa mencampurkan 1 sdm kunyit dengan 2 cangkir air. Rebus ramuan tersebut hingga larut menjadi setengahnya. Tiriskan, lalu saring dengan kain. Gunakan air saringan untuk mencuci area mata yang bintitan. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari selama beberapa hari.

4. Lidah buaya
Lidah buaya ternyata bukan saja bermanfaat untuk menyehatkan rambut, namun juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan infeksi kolera. Pada lidah buaya atau aloe vera terdapat senyawa yang bersifat antibakteri dan anti-inflamasi. Dengannya gejala-gejala mata bintitan, seperti kemerahan, pembengkakan, serta peradangan dapat dipercepat proses penyembuhannya.

obat herbal tradisional untuk mata bintitan

Cara penggunaan:
Untuk menggunakan lidah buaya sebagai obat herbal untuk mata bintitan tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengambil bagian daging atau gel dari tanaman lidah buaya. Selanjutnya Anda bias mengoles atau menggosokkan gel tersebut di area kelopak mata yang terinfeksi. Diamkan gel selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. lakukan rutin selama 5 hari.

Nah dari beberapa ramuan obat herbal untuk mata bintitan diatas dapat anda pilih sesuai ketersediaan bahan dirumah anda atau anda bisa memilih ramuan mana yang anda sukai, selamat mencoba.

One thought on “Obat Herbal untuk Mata Bintitan yang aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *